Wednesday, January 12, 2011

INFO PENAS XIII, DINAS KELAUTAN & PERIKANAN KUTAI KARTANEGARA TERUS BERBENAH DIRI

Penas Kaltim Kabupaten Kutai Kartanegara Kukar Tenggarong Perikanan IpayPekan Nasional (PENAS) merupakan acara Pertemuan Kontak Tani Nelayan yang digagas oleh para Tokoh Tani Nelayan sejak tahun 1971. PENAS XIII Petani Nelayan 2011 merupakan kelanjutan hasil keputusan PENAS XII Tahun 2007 yang merupakan wahana bagi para petani nelayan seluruh Indonesia untuk melakukan konsolidasi, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, perikanan dan kelautan dan kehutanan yang diselenggarakan secara teratur dan berkelanjutan.

Kehadiran tokoh-tokoh Petani Nelayan, Kontaktani-Nelayan, dan Petani-Nelayan yang berhasil, merupakan kesempatan yang berharga untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, mereka diharapkan dapat memberi motivasi kepada petani-nelayan lainnya untuk saling berinteraksi dan bersinergis dalam memanfaatkan sumber daya alam pertanian yang tersedia di daerah masing-masing guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka perbaikan mutu produksi pertanian dan peningkatan pendapatannya yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga tani-nelayan.

Tema PENAS XIII Petani Nelayan 2011 yang telah disepakati adalah :

”Melalui pemberdayaan petani nelayan dan penguasaan teknologi tepat guna kita kembangkan daya saing perekonomian nasional dalam rangka peningkatan pendapatan petani nelayan”.

WAKTU DAN TEMPAT

PENAS XIII Petani Nelayan 2011 diselenggarakan pada 18 s/d 23 Juni 2011.

PENAS XIII Petani Nelayan 2011 dilaksanakan di Desa Perjiwa, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kertanegara (KUKAR), Propinsi Kalimantan Timur. Peta lokasi PENAS XIII Petani Nelayan 2011.

1. Tujuan Umum

Meningkatkan motivasi, dan kegairahan petani-nelayan dan masyarakat pelaku asgribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

2. Tujuan Khusus :

  1. Meningkatnya kepemimpinan dan kemandirian kontaktani-nelayan selaku pelaku utama sistem dan usaha agribisnis;
  2. Terjalinnya kemitraan usaha dan informasi agribisnis antara peserta dengan para pengusaha di bidang agribisnis;
  3. Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan dibidang teknologi dan kualitas produksi agribisnis peserta;
  4. Meningkatnya jiwa wirausaha dan kesadaran terhadap lingkungan serta keakraban bagi peserta;
  5. Meningkatnya apresiasi para peserta dan masyarakat pelaku agribisnis untuk memacu prestasi dalam pembangunan pertanian dan pedesaan.
KEPESERTAAN

A. Peserta

  1. Peserta Utama adalah Petani Nelayan, Pemuda Tani Nelayan, Wanita Tani Nelayan, Alumni Magang Jepang, P4S, Koperasi Tani Nelayan (KOPTAN) dan Asosiasi Petani Nelayan;
  2. Peserta Pendamping adalah aparat yang ditugasi oleh pemerintah untuk mendampingi dan memfasilitasi peserta PENAS XIII Petani Nelayan 2011.
  3. Peserta Peninjau adalah organisasi profesi, penyuluh swasta dan atau pemerhati/pakar yang bergerak di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan serta pelaku agribisnis.

B. Jumlah dan Komposisi

1. Berdasarkan hasil Rembug Madya Kelompok KTNA Nasional Tahun 2010 di Kutai Kartanegara telah disepakati jumlah peserta utama, peninjau dan pendamping sebanyak 24.000 orang (rincian seperti pada lampiran 3) dengan komposisi sebagai berikut :

a. Peserta Utama 90%,
b. Peserta Peninjau 5 %,
c. Peserta Pendamping 5 %.

2. Bagi daerah yang akan mengirimkan peserta melampaui jumlah yang telah ditetapkan agar tetap memperhatikan komposisi di atas dan menyampaikan kepada Panitia Pelaksana Daerah yang tembusannya kepada Panitia Penyelenggara Pusat selambat-lambatnya bulan Maret 2011 sebelum pelaksanaan PENAS XIII Petani Nelayan 2011.

C. Persyaratan Peserta.

1. Peserta Utama

a. Kontak Tani Nelayan yang berkedudukan sebagai Ketua atau Pengurus Kelompok Tani Nelayan, Alumni Magang Jepang,P4S, Ketua atau Pengurus Koperasi Tani Nelayan, Assosiasi Petani (Pertanian, Perikanan dan Kehutanan);

b. Perbandingan jumlah peserta utama antara pria dan wanita adalah 70 % : 30%;

2. Peserta Pendamping

Aparat yang diberi tugas oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota untuk mendampingi peserta /kontingennya dengan surat tugas resmi dari Pemerintah daerah yang bersangkutan.

Peserta pada butir 1 dan 2 ditunjuk dan diusulkan melalui musyawarah dalam penyelenggaraan Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan di tingkat pemerintahan masing-masing (Propinsi,Kabupaten/Kota). Pengurus Kelompok KTNA Propinsi dan Nasional menjadi bagian dari kontingen daerah.

3. Peserta Peninjau

a. Pejabat pemerintah, Pimpinan/anggota DPR RI, DPRD Provinsi, Kabupubaten /Kota;

b. Organisasi profesi, pemerhati/pakar dan penyuluh swasta yang bergerak di bidang pertanian, perikanan- kelautan dan kehutanan;

c. Pengusaha dan pelaku agribisnis yang bermitra dengan petani-nelayan;

Peninjau diwajibkan mendaftarkan diri pada masing-msing kontingen daerahnya untuk di daftarkan pada Panitia Penyelenggara dan Pelaksana PENAS XIII Petani Nelayan 2011.


D. KEPANITIAAN


a. Panitia Penyelenggara Pusat

Sektetariat Pusat PENAS XIII Tahun 2011/ Sektetariat Kelompok KTNA Nasional. d/a. Kanpus Departemen Pertanian, Jl. Harsono RM No.3 Ragunan, Gedung D Lantai V, Pasar Minggu 12550, Jakarta Selatan, Telpon/Fax. (021) 7826084 Telpon/Fax. (021) 78839621

Website : www.penas13.com

b. Panitia Pelaksana Daerah

1) Sekretariat Provinsi

Kantor Gubernur Kalimantan Timur Jl. Gajah Mada, Samarinda Telepon. 0541-733333, Fax. 0541-737762, 742111

2) Sekretariat Kabupaten

Badan Kethanan Pangan dan Penyuluhan Kab. Kutai Kartanegara, Komplek Kantor Bupati Kutai Kartanegara di Gd. B Lantai 2.
Telepon. (0541) 6667155, Fax. (0541) 6667155, 6667164


E. Pelaksanaan PENAS XIII Petani Nelayan 2011

Kegiatan PENAS XIII Petani Nelayan 2011 terdiri dari 7 (tujuh) aspek yaitu,

1. Upacara dan Apresiasi.
2. Kepemimpinan dan Kemandirian Kontak Tani Nelayan.
3. Kemitraan Usaha dan Jaringan Informasi Agribisnis.
4. Pengembangan Teknologi dan Kemandirian Energi Ramah Lingkungan.
5. Pengembangan Wirausaha dan Kesadaran Lingkungan.
6. Sinkronisasi Program Pembangunan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan;
7. Kesekretariatan.

Informasi selengkapnya dapat dilihat www.penas.ktna.co.id


DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KUTAI KARTANEGARA



Penas XIII Kaltim Kabupaten Kutai Kartanegara Kukar Tenggarong Perikanan IpayDalam rangka PENAS XIII, Dinas Kelautan dan Perikanan Kutai Kartanegara yang termasuk di dalam leading sektor penyelenggaraan PENAS terus berbenah diri terhadap stakeholeder (Aparat pemerintah, Masyarakat Perikanan, dan Pengusaha Perikanan). Tak kalah pentingnya masalah infrastruktur pembangunan perikanan di kukar terus dioptimalkan. Segala aset-aset yang terkait dengan kelautan perikanan terus dikembangkan, seperti BBI Tirta Mina Perjiwa, BBI Sanga-Sanga, Station Satelit Perikanan Muara Badak, TPI Marangkayu, dan lainnya.
Kampung keramba yang berlokasi di Kecamatan Loa Kulu, Loa Janan, Tenggarong dan Tenggarong Seberang merupakan sentra produksi perikanan air tawar yang akan menjadi daerah untuk persiapan lokasi Mina Politan sesuai Program Kementrian Perikanan yang dicanangkan.
Tugas berat yang perlu ditanggung oleh SKPD Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Kukar yang periode tahun 2009 yang telah mendapat kepercayaan dan penghargaan sebagai Panji Keberhasilan di sektor kelautan dan perikanan dari propinsi Kalimantan Timur, untuk dapat mempertahankan keberhasilan tersebut. Untuk itu perlu adanya upaya peningkatan kinerja aparatur terhadap pembangunan sektor perikanan.

Sebagai konsolidasi terhadap kinerja aparat, Bapak Kadis Kelautan dan Perikanan Kab. Kutai Kartanegara terus melakukan rapat kerja dengan pihak2 Kepala Cabang Dinas Perikanan Kecamatan guna menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi di lapangan di bidang perikanan.

Begitu juga dengan hasil produksi perikanan, yang menjadi misi SKPD Dinas untuk terus ditingkatkan baik produksi perikananan air laut maupun perikanan air tawar. Selama ini produksi ikan di Kalimantan Timur, 50% bersumber dari Kabupaten Kutai Kartanegara. Seiring dengan arahan Bapak Menteri Kelautan dan Perikanan Bapak Fadhil Muhammad bahwa target Indonesia sebagai pengekspor Ikan terbesar, maka perlu sekali mendapat apresiasi dari segala pihak. Salah satu dukungan yang perlu dilakukan adalah dengan intensifikasi, ekstensifikasi dan diversifikasi usaha terhadap masyarakat perikanan.

Harapan semoga pelaksanaan PENAS XIII tahun 2011 dapat berjalan dengan baik dan memuaskan, apalagi Kab. Kutai Kartanegara yang ditunjuk sebagai salah satu kabupaten yang menjadi tuan rumah Pekan Nasional bisa memberikan kontribusi terhadap sasaran yang diharapkan dari pekan nasional ini. Harapan lainnya yaitu bagi peserta PENAS dari berbagai daerah dapat bertransformasi terhadap pengalaman dan keterampilan dalam rangka meningkatkan usaha masing-masing di daerahnya. Searah dengan hal itu, diharapkan goalnya adalah peningkatan pendapatan dan pengentasan kemisikinan bagi masyarakat perikanan, serta penciptaan lapangan kerja.




Related Posts by Categories



2 komentar:

Free Software said...

Nice site bro... keep working... publish some new...

MacHolic said...

Blog yang menarik...
Saya ingin sekali berkunjung ke BBI Tirtamina Perjiwa untuk mengetahui apa saja yang ada disana. Saya adalah pemula dalam bidang perikanan dan baru mempunyai 2 kolam budidaya kecil-kecilan untuk pembesaran lele jenis sangkuriang. Ilmu yang saya dapat selama ini ttg ikan lele hanya dari Forum di internet.

Apakah saya bisa mendapatkan informasi tentang budidaya ikan di BBI Tirtamina ? atau ada usulan kemana saya harus berkunjung untuk sekedar menggali ilmu perikanan ?

Salam Kenal,
Ade Sofyan.

Post a Comment

Terima Kasih Atas Komentarnya dan NO SPAM Friends, U COMMENT I FOLLOW

 
Blog Etam Tenggarong | ipay76.Blogspot © 2009 Terima Kasih, Jangan Lupa Isi Buku Tamu, ...KLIK DISINI